11 Rekomendasi Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya 2022

Situs freelance terbaik adalah situs yang dapat menawarkan lebih banyak peluang kerja dan pendapatan kepada penggunanya. Jika Anda mencari pekerjaan freelance, Anda mungkin perlu menggunakan beberapa situs pekerjaan freelance Indonesia yang andal.

Tentunya banyak faktor yang menentukan kualitas sebuah website freelance. Faktor yang paling penting adalah reputasi, calon pelanggan, jaminan pembayaran dan, tentu saja, ketersediaan kategori yang tepat untuk layanan yang Anda jual.

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 11 situs freelance terbaik yang dapat Anda coba untuk menemukan proyek dan klien baru dengan aman.

Berikut adalah daftar situs freelance terbaik di Indonesia dengan reputasi yang sudah terbukti dan pembayaran yang terjamin. Beberapa situs dalam daftar ini mengharuskan calon freelancer melalui proses seleksi yang ketat, dan beberapa menerima pendaftaran karyawan segera.

Situs Freelance

11 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya 2022

1. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia adalah salah satu situs freelance terbesar di Indonesia. Situs tersebut sebenarnya adalah versi Indonesia dari startup Freelance Australia.

Mereka mengklaim telah berhubungan dengan lebih dari 29 juta pencari kerja dan pekerja lepas di lebih dari 247 negara.

Di website Freelancer Indonesia Anda akan menemukan berbagai proyek mulai dari informasi dan teknologi (IT), desain, pemasaran, jasa penerjemahan hingga jurnalistik. Rincian pekerjaan dijelaskan dengan jelas di setiap bagian proyek.

Anda akan melihat nama, deskripsi proyek, keterampilan yang dibutuhkan, tenggat waktu, berapa banyak orang yang melamar pekerjaan dan berapa gaji untuk pekerjaan itu.

Salah satu fitur unik yang mereka tawarkan adalah Anda dapat menawar atau diberi imbalan karena mengerjakan proyek tersebut.

Selain proyek, website freelancer Indonesia ini juga menawarkan kompetisi di mana Anda harus bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang dipilih oleh klien. Sebelum Anda bergabung dengan Freelancer Indonesia, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki kartu kredit atau akun PayPal, karena mereka melakukan dan menerima pembayaran melalui dua platform ini.

2. Projects.co.id

Projects adalah salah satu situs freelance terpercaya di Indonesia. Di Projects, Anda akan menemukan pekerjaan lepas di bidang informasi dan teknologi, media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO) dan banyak bidang pemasaran digital lainnya.

Selain mencari pekerjaan freelance secara online, Anda juga bisa melakukan jual beli produk digital seperti software license, e-book, template t-shirt, template website, dll.

Salah satu keunikan situs freelance Indonesia untuk pemula ini adalah adanya program afiliasi. Jika Anda mengundang pelanggan untuk mendaftar dan berdagang dengan URL rujukan Anda, Anda akan menerima biaya mulai dari 10 hingga 20% dari harga proyek.

3. 99Design

99Design adalah situs freelance yang ditujukan untuk desainer grafis dan seniman digital lainnya. Situs desain grafis freelance Indonesia ini menggunakan sistem kompetisi di mana Anda mengirimkan karya Anda ke proyek tertentu dan klien memilih proyek yang paling mereka sukai.

4. Upwork

Upwork adalah situs freelance berbasis cloud yang dikenal memiliki basis pengguna yang besar. Situs web ini dapat digunakan oleh perusahaan dari semua ukuran dan pekerja lepas dengan berbagai tingkat keahlian.

Anda juga dapat menyelesaikan penyaringan pekerjaan dan mencari lowongan yang sesuai dengan keahlian Anda. Fitur ulasan Upwork juga memudahkan untuk menentukan pelanggan mana yang harus dipercaya dan siapa yang harus dihindari.

Fitur komunikasi berupa chat dan voice call juga tersedia untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Upwork juga mendukung fitur obrolan grup, yang sangat berguna untuk proyek besar yang melibatkan lebih dari satu pekerja lepas.

5. Crowdsource

Crowdsource dianggap sebagai salah satu situs freelance terbesar dan terpercaya saat ini. Situs ini untuk orang yang mencari pekerjaan di industri kreatif, produser konten, perusahaan media, dan penerbit.

CrowdSource juga menyediakan solusi untuk proyek besar di mana pelanggan dapat membagi pekerjaan mereka menjadi tugas yang lebih kecil untuk melacak alur kerja dengan mudah. Tentunya fitur ini juga berguna bagi para freelancer untuk menunjukkan alur kerja mereka kepada klien.

6. Toptal

Toptal memberikan solusi bagi perusahaan dan bisnis yang mencari freelancer untuk membantu bisnis mereka. Berkat reputasinya yang luar biasa, Toptal telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkenal, termasuk AirBnb, Spotify, Duolingo, dan Bridgestone.

Anda dapat mendaftar sebagai freelancer secara manual atau menggunakan profil LinkedIn. Toptal juga menghormati kualitas pekerja lepas yang terdaftar di situs web mereka, sehingga aplikasi Anda akan disaring dan dipilih melalui proses yang sangat ketat sebelum Anda dapat menemukan pekerjaan. Bebas.

7. PeoplePerHour

PeoplePerHour diperkirakan telah membantu freelancer menghasilkan £130 juta selama hidup mereka di situs web mereka. Anda dapat mendaftar sebagai pekerja lepas dengan berbagai keterampilan mulai dari desain 3D hingga konsultasi media sosial.

Website freelance ini juga menggunakan artificial intelligence (AI) untuk memudahkan perusahaan dan bisnis menemukan resume yang tepat. Jadi, Anda perlu mengatur profil Anda dengan hati-hati agar calon pelanggan dapat menemukannya.

8. Guru

Guru adalah salah satu platform freelance paling populer dengan lebih dari 3 juta pengguna. Sebagai situs freelancer Indonesia terpercaya, Guru selalu memeriksa calon freelancer untuk memastikan klien menemukan freelancer yang dapat mempertimbangkan kualifikasi mereka. Jadi pastikan Anda mengisi profil Anda dengan informasi yang akurat dan terkini.

Dalam hal metode pembayaran gaji, Guru memiliki 4 metode perhitungan gaji, termasuk gaji per jam, gaji proyek, gaji pekerjaan dan gaji tetap (gaji).

9. Aquent

Aquent adalah situs freelance yang mengutamakan kualitas dan akurasi koordinasi antara freelancer dan klien potensial. Situs ini mengiklankan dirinya sebagai agen tenaga kerja kreatif.

Mereka menggunakan teknologi pencocokan yang disebut Aquent’s Book yang memungkinkan Anda mengatur dan menandai portofolio Anda secara lebih efisien sehingga dapat ditemukan oleh calon pelanggan dengan tingkat relevansi yang tinggi.

10. Fastwork

Fastwork adalah situs lowongan kerja freelance Indonesia yang cukup umum digunakan oleh perusahaan dan firma untuk mencari pekerja lepas. Anda dapat mendaftar sebagai freelancer di beberapa bidang, seperti desain grafis, penulisan, penerjemahan, pemrograman, dll.

Mulailah petualangan lepas Anda dengan tim Fastwork yang meninjau dan mengevaluasi “toko” virtual Anda terlebih dahulu. Verifikasi dapat memakan waktu 2-3 hari, dan jika ditolak, calon pelanggan tidak akan dapat menemukan profil Anda. Ini berarti Anda perlu mengubah pengaturan langganan atau “simpan” untuk layanan Anda.

11. SociaBuzz

SociaBuzz adalah pasar untuk penerbitan dan layanan media sosial. Jika Anda memiliki keterampilan fotografi dan pembuatan prototipe, situs ini adalah tempat yang tepat untuk menawarkan layanan Anda.

Atau, jika Anda memiliki banyak pengikut media sosial atau ahli tata rias (BUY), MC atau pembicara, Anda juga dapat menjual layanan Anda di SociaBuzz Marketplace.

Target pasar freelancer di situs ini sangat spesifik, yang meningkatkan peluang bertemu pelanggan dan freelancer yang cocok.

Situs-situs jasa freelance di atas adalah penyedia yang berkualitas tinggi dan terpercaya di pasar freelance – jadi tidak ada salahnya. Keberhasilan pekerjaan freelance Anda ditentukan oleh kesesuaian kebutuhan klien Anda dan layanan yang Anda berikan.

Selain menjadi freelancer, Anda juga bisa melakukan berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya adalah membuat dan menghasilkan uang dengan blog berkualitas yang dilengkapi dengan layanan web hosting Dewaweb yang cepat, aman, dan andal.